Apa Itu Digital Marketing?
Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Pembahasannya
Selamat
Hari Jum’at Berkah Teman Blog,
Kali
ini aku mau share tentang Digital Marketing. Pasti sudah banyak yang tahu apa
sih digital marketing itu. Atau bahkan ada yang masih bingung kerjaan digital
marketing itu ngapain aja.
Teman
Blog pasti pernah kan melihat promosi atau iklan – iklan sebuah brand atau
produk dari sebuah perusahaan di dunia online? Seperti iklan brand di internet
dan media social. Nah, contoh simple tadi adalah salah satu penerapan Digital
Marketing. Sebenarnya masih banyak contoh lain yang Teman Blog sudah tahu tapi
belum terpikirkan kalau itu salah satu bentuk digital marketing.
Apa
Itu Digital Marketing?
“Digital Marketing” is the process of building and maintaining customer relationships through online activities to facilitate the exchange of ideas, products, and services that satisfy the goals of both parties. – Sumber dari salah satu ebook yang saya lupa judulnya.
Digital
Marketing juga bisa diartikan sebagai serangkaian strategi pemasaran atau
promosi untuk meningkatkan penjualan, awareness dan menjangkau calon konsumen
secara cepat dan tepat waktu melalui media digital berupa internet. Bisa
melalui mesin pencarian, social media seperti Instagram, facebook, Youtube dan
social media lainnya.
Kenapa
Harus Beralih ke Digital Marketing?
Sebenarnya
buka beralih, tapi menyempurnakan strategi pemasaran melalui dunia digital.
Kita tidak bisa memungkiri kalau perkembangan teknologi semakin pesat, semakin
canggih bahkan semakin merajarela hehe
Mengembangkan
strategi pemasaran melalui digital di era ini sangatlah penting, karena hampir seluruh penduduk dunia sudah menggunakan fasilitas internet dan memiliki
smartphone. Ini ada hasil penelitian dari wearesocial tentang pengguna internet di
Indonesia pada awal tahun 2018.
Bisa
dibayangkan kan, seberapa besar peluang yang dimiliki untuk mengembangkan
bisnis secara digital.
Apa
Saja Jenis Digital Marketing?
Untuk
Jenis-jenisnya ada beberapa kategori yaitu:
SEO
(Search Engine Optimization) – Menjadikan website berada diurutan nomor satu
Search Engine Rank Page.
SMM (Social
Media Marketing) - Memfokuskan penjualan melalui media sosial, slaah satunya melalui Facebook Ads, Instagram dan Instagram Ads.
SMO (Social
Media Optimization) - Pengelolaan akun media sosial
PPC (Pay
Per Click) - Iklan berbayar disetiap klik nya, seperti Google Ads, Adsense, dll.
SEM (Search
Engine Marketing) - Pemasaran melalui mesin pencarian seperti google, Bing, contohnya Google Ads.
Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional?
Kalau
bahas tentang keunggulan tentang digital marketing, yang paling pertama
terlintas yaitu adanya data real time yang mengukur perkembangan bisnis.
Dari
media digital ini, Teman Blog bisa tahu seberapa banyak iklan kamu tayang, di
klik, dan untuk video seberapa lama video kamu ditonton, menghasilkan konversi
penjualan dari setiap iklan. Dan yang pasti, bisa menentukan iklan mana saja
yang cocok dengan produk Teman Blog.
Keunggulan lainnya sudah pasti dari segi
geografis dan demografis. Teman Blog bisa menyebarkan konten/ brand produk keseluruh
dunia dengan target pasar yang berbeda hanya dengan bermain klik.
Sekian
dulu pembahasan tentang Digital Marketing. Next, aku bakal sharing yang lebih
banyak lagi tentang hiruk pikuk Dunia Digital Marketing.
See
ya!
0 komentar:
Posting Komentar