Jumat, 13 Juli 2018

Apa Itu Digital Marketing?

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Pembahasannya


Selamat Hari Jum’at Berkah Teman Blog,
Kali ini aku mau share tentang Digital Marketing. Pasti sudah banyak yang tahu apa sih digital marketing itu. Atau bahkan ada yang masih bingung kerjaan digital marketing itu ngapain aja.

Teman Blog pasti pernah kan melihat promosi atau iklan – iklan sebuah brand atau produk dari sebuah perusahaan di dunia online? Seperti iklan brand di internet dan media social. Nah, contoh simple tadi adalah salah satu penerapan Digital Marketing. Sebenarnya masih banyak contoh lain yang Teman Blog sudah tahu tapi belum terpikirkan kalau itu salah satu bentuk digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing?
“Digital Marketing” is the process of building and maintaining customer relationships through online activities to facilitate the exchange of ideas, products, and services that satisfy the goals of both parties. – Sumber dari salah satu ebook yang saya lupa judulnya.
Digital Marketing juga bisa diartikan sebagai serangkaian strategi pemasaran atau promosi untuk meningkatkan penjualan, awareness dan menjangkau calon konsumen secara cepat dan tepat waktu melalui media digital berupa internet. Bisa melalui mesin pencarian, social media seperti Instagram, facebook, Youtube dan social media lainnya.

Kenapa Harus Beralih ke Digital Marketing?

Sebenarnya buka beralih, tapi menyempurnakan strategi pemasaran melalui dunia digital. Kita tidak bisa memungkiri kalau perkembangan teknologi semakin pesat, semakin canggih bahkan semakin merajarela hehe
Mengembangkan strategi pemasaran melalui digital di era ini sangatlah penting, karena hampir seluruh penduduk dunia sudah menggunakan fasilitas internet dan memiliki smartphone. Ini ada hasil penelitian dari wearesocial tentang pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2018.




Bisa dibayangkan kan, seberapa besar peluang yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis secara digital.

Apa Saja Jenis Digital Marketing?
Untuk Jenis-jenisnya ada beberapa kategori yaitu:
SEO (Search Engine Optimization) – Menjadikan website berada diurutan nomor satu Search Engine Rank Page.
SMM (Social Media Marketing) - Memfokuskan penjualan melalui media sosial, slaah satunya melalui Facebook Ads, Instagram dan Instagram Ads.
SMO (Social Media Optimization) - Pengelolaan akun media sosial
PPC (Pay Per Click) - Iklan berbayar disetiap klik nya, seperti Google Ads, Adsense, dll.
SEM (Search Engine Marketing) - Pemasaran melalui mesin pencarian seperti google, Bing, contohnya Google Ads.

Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional?


Kalau bahas tentang keunggulan tentang digital marketing, yang paling pertama terlintas yaitu adanya data real time yang mengukur perkembangan bisnis.
Dari media digital ini, Teman Blog bisa tahu seberapa banyak iklan kamu tayang, di klik, dan untuk video seberapa lama video kamu ditonton, menghasilkan konversi penjualan dari setiap iklan. Dan yang pasti, bisa menentukan iklan mana saja yang cocok dengan produk Teman Blog.

Keunggulan lainnya sudah pasti dari segi geografis dan demografis. Teman Blog bisa menyebarkan konten/ brand produk keseluruh dunia dengan target pasar yang berbeda hanya dengan bermain klik.

Sekian dulu pembahasan tentang Digital Marketing. Next, aku bakal sharing yang lebih banyak lagi tentang hiruk pikuk Dunia Digital Marketing.
See ya!







Anonymous

A Bachelor of Communication, a Certified Google Partner and Campaign Manager at DGPro Digital Agency.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
SILVIA ARIYA MARETA
+6285643137317
Purwokerto, Indonesia